Minggu, 31 Juli 2011

If Love In Action part 14 (re-post)

Di rumah rio.

Ify langsung dorong rio ke sofa. “ loe jangan ngomongin debo di depan nyokap gue dongdong!”

“ o..loe backstreet?”

“ iya lah! Gara-gara loe ni!”

“ kok gue?”

“ coba kalo gue nggak dijodohin sama loe! Pasti gue udah bebas!”

“ loe nyesel?”

“ kenapa? Nggak ada yang harus disesali! Cuma gue jengkel aja!”

“ tenang aja! Gue nggak bakal lapor sama nyokap loe kok! Asal..”

“ apa lagi?”

“ loe juga jangan bawa dia kehadapan gue!”

“ kenapa? Loe cemburu kan?”

“ iya!” rio keceplosan.” eh! Nggak kok! Urusan loe juga!”

” kata orang kalo keceplosan itu yang dari hati loe kak?”

“ terus loe mau apa kalo gue beneran cemburu?”

Ify speechless.

“ loe nggak peduli juga kan?” Pertanyaan rio makin bikin ify nggak tau apa yang harus dia
lakukan.

“ kak..loe serius?”

“ nggak! Nggak usah dipikir! Anggep aja gue nglindur!”

“ em..kak, lagu loe tadi maksudnya apa?” tanya ify sambil duduk di samping rio.

” nggak ada! Gue tau kalo loe gila pujian, makanya gue nyanyi lagu itu, nggak kalah keren sama abang justin bieber to ?”

” hhu...nggak ada kok keren dan iklas gitu kedengerannya?” goda ify.

” fy..loe jangan mulai deh! Lagi sensi ni gue! Suara gue emang dari dulu keren !”

“ narsis loe!”

“ biarin! Wlee..” rio menjulurkan lidahnya panjang-panjang sambil julingin matanya.

“ jelek banget loe!”

“ gue itu ganteng! Udah gitu keren dan manis tiada tara!”

“ ngomong situ sama tembok!” kata ify sambil dorong muka rio.

” muka loe kan udah kaya tembok!”

” rese loe! Kapan loe sembuhnya sih kak? Gue capek nemenin loe mulu !”

“ gue mau loe temenin terus tu..”

“ ieuh..ngarep loe?”

“ iya! gue belajar dulu ya, loe bikinin gue kopi! Mau lembur gue !”

“ bikin aja sendiri!”

“ besok gue bilang ke tante wanda, hari sabtu loe mau jalan sama debo, dan debo itu.. ”

“ iya!” potong ify nggak iklas sambil menuju ke dapur.

Rio langsung naik ke kamarnya.

Di kamar rio.

Rio duduk di depan meja belajar sambil baca buku biologinya.

“ ni kak!” kata ify sambil naro kopi yang dipesen rio di meja kecil samping meja belajar. ” Ya ampun! Kak rio! Ini kamar apa jalur gaza?”

“ apaan sih? Berisik banget loe!”

“ ini kamar loe kaya abis kena serangan israel! Berantakan abis, Buset dah! Baru juga gue tinggal sehari! Ckckck.. ” omel ify kaya
emak-emak.

“ loe kaya nyokap gue deh! Kalo mau ya beresin sono! Jangan berisik! Gue mau belajar !”

Ify beresin kamar rio. Baju-baju yang berserakan dimana-mana dia taro keranjang, sampahnya dia taro tempat sampah, tanpa
mempedulikan rio yang asik belajar.

“ selesai juga!” kata ify sambil memandang puas seluruh sudut kamar yang sudah tertata rapi.

Raut puasnya berubah jadi pengen meledak pas liat beberapa gelas bekas kopi di meja rio.

“ ya ampun kak rio! Loe minum kopi sebanyak ini?” tanya ify sambil berkacak pinggang.

“ iya, emang kenapa? Biasanya juga gitu!”

“ ini tu nggak bagus! Di kopi itu ada kaffeinnya! Cari penyakit aja loe! Pokonya nggak boleh minum lagi !” ify menyita satu gelas yang masih terisi penuh, terus dia buang ke kamar mandi.

“ yah, fy..kok dibuang?”

“ bodo! Pokonya mulai sekarang loe harus kurangin minum kopi! Gue bakal tungguin loe belajar !”

“ nggak bisa fy! Gue itu kebo banget! Ngantukan stadium akhir !”

“ kalo loe niat juga bisa! Balajar lagi buru! Gue tunggu!”

“ apaan sih? Malem-malem pada ribut?” omel ray dengan muka bantal dan rambut acak-acakan.

“ no! Kak rio minum kopi banyak banget!” lapor ify.

“ udah biasa itu kak! Dia kan suka diomelin mama gara-gara ini! gebuk aja kalo nggak mau nurut!”

” apaan lagi ni anak kecil ikut-ikutan?” sela rio.

” gue udah gede! jangan berisik! Kaya kucing pengen kawin aja loe berdua! Gue ngantuk !” ray balik lagi ke kamarnya.

Ify nungguin rio berlajar sambil tiduran dan main psp rio.

” yes! Udah tidur!” gumam rio pelan pas liat ify udah merem, rio mengendap-endap mau ambil kopi lagi.

” kak rio..loe mau kemana? Udah kelar belajarnya?” tanya ify tiba-tiba.

” em..belum! gue Cuma pegel aja!” jawab rio bohong sambil nglemesin otot-ototnya.

” itu gelas buat apaa? Loe mau minum kopi lagi kan?” tanya ify sambil menunjuk gelas yang dibawa rio.

” fy..gue udah ngantuk, tapi masih banyak yang kudu gue baca!” rengek rio.

” nggak pake!” ify rebut gelas rio.

“ rese banget sih loe!”

“ bodo! Gue bilang nggak ya nggak!”

“ boleh dong!”

“ nggak!”

“ boleh!”

“ nggak!”

“.fy..”

“ bodo! Buruan lanjutin!”

“ gue cium beneran loe!”

“ gue gorok loe!”

“ diem loe!”

Rio melanjutkan belajarnya, ify yang sebenarnya udah ngantuk setengah mati tiduran di tempat tidur rio sampai beneran tidur.

“ hoahhmm..selesai juga!” kata rio sambil menutup bukunya dan siap-siap tidur dengan mata sekarat hampir nampel. Dengan mata merem rio langsung menjatuhkan diri di tempat tidur dan terlelap.

Keesokan pagi.

Matahari pagi bersinar dengan semangatnya menembus kamar rio.

“ emhh..udah pagi.” Kata ify sambil mengriyipkan matanya.” Gue dimana ni?” tanya ify kedirinya sendiri sambil bangun dan
mengacak-acak rambutnya, ify merasa asing karena ini bukan kamarnya.

Ify mengedarkan pandangannya ke semua penjuru ruangan dan berhanti di sampingnya.

“ KAK RIO....” teriak ify histeris gara-gara dia baru sadar rio tidur di sampingnya.

“ HWA...kaleng rombeng!!!” seru rio yang langsung terbangun gara-gara teriakan ify yang bunyinya mirip kaleng rombang.

“ apaan sih fy? Ganggu orang tidur aja loe!” omel rio sambil mengobrak-abrik rambutnya.” eh, fy? Semalem loe tidur disini?” tanya rio dengan polosnya.

BUG..pukulan guling ify langsung mendarat di muka rio.

“ sakit, gila!”

“ loe ngapain ikut tidur disini? Cari kesempatan loe ya? Loe udah apain gue semalem ?” ify mencak-mencak sambil pukulin rio, mereka berdua kejar-kejaran kelilng kamar.

“ aduh fy, ampun! Sumpah, gue nggak nyentuh loe sama sekali!” kata rio sambil menepis pukulan ify.

” bohong loe! Dasar cowo mesum!” ify masih terus memukuli rio sambil lari-lari keliling kamar.

” sumpah! Sakit fy! Loe cek sono kalo nggak percaya!” Ify menghentikan pukulannya, dia
inget-inget kejadian semalem, dan kayanya emang nggak terjadi apapun.

” percaya nggak loe?” tanya rio sewot.

“ tapi loe beneran nggak ngapa-ngapain gue kan?” tanya ify memastikan.

“ iya, gue ngapa-ngapain loe! Mau minta tanggung jawab?” tantang rio.

“ kak rio..loe serius?” ify hampir
nangis.

“ hhe..nggak usah mewek! Ya nggak lah! Orang semalem gue langsung tepar! Lagian nggak napsu gue sama loe !”

“ hemph..untung! gue bikin opor loe macem-macem sama gue!”

“ yang penting sebelum jadi gue opor loe udah gue macem-macemin !”

“ kak rio...” teriak ify jengkel.

“ apa?” jawab rio seenaknya.

“ gue cincang loe!”

“ ambil golok dulu sono! Gue pengen mandi, apa loe mau liat gue mandi ?”

“ ih..sory! mending diliat kalo badan loe oke! Cungkring gitu!”

“ loe pikir loe nggak cungkring?!”

“ yang penting loe cungkring!”

“ ye..dasar cungkring!”

“ cungkring!”

“ cungkring!”

“ kak rio...” teriak ray dengan suara serak dan lemas tapi masih kedengeran karena kamar rio dan ray sebelahan.

“ ray!” kata rio sambil lari ke kamar ray dengan paniknya. Ify ikutin rio.

Kamar ray.

Ray terbaring lemas dengan muka pucat dan badan mengigil.

” bro, loe kenapa?” tanya rio panik sambil pegang kening ray.

” gimana kak?” tanya ify.

” panas! Kayanya dia demam.” Gantian ify yang pegang kening ray.

“ loe demam ray, nggak usah sekolah ya! Kakak temenin!” kata ify.

“ nggak usah fy! Loe sekolah aja! Biar gue yang temein ray.” Cegah rio.

“ loe mau ngurusin ray dengan tangan satu kaya gitu? Biar gue aja yang temenin. ”

“ kalian berdua malah ribut?!” sela
ray.

“ eh! Maaf! Bentar gue ambilin kompresan dulu.” Jawab ify terus lari ke bawah ambil kompresan dan nyuruh mbok jum bikin bubur buat ray terus balik lagi.

Dengan telaten ify kompres ray. Nggak lama mbok jum dateng bawa bubur.

“ ni mbak buburnya, mas ray gimana?”

“ iya mbok, makasih.” Jawab ify.

“ ray Cuma pusing kok mbok.” Jawab ray.

“ ya sudah, cepet sembuh mas, mbok masak dulu.” Mbok jum balik lagi ke dapur.

“ ray, loe makan ya! Tar minum obat!”

“ nggak mau! Pait!”

“ hmm..gue suapin deh!” tawar ify, ray pun mengangguk.

Ify suapin ray dengan penuh kesabaran dan ketlatenan. Rio bener-bener terpesona sama ify, seorang ify yang biasanya bawel
dan nggak mau ribet ternyata sesabar itu. Ray liat kakak tercintanya yang lagi terpesona abis-abisan Cuma senyum.

“ ngapain loe senyum-senyum?” tanya ify heran.

“ nggak papa! Loe cantik!” jawab ray sambil melirik rio yang terkejut denger omongannya, karena ify duduk di depan rio, ify nggak liat
ekspresi rio yang udah nggak karu-karuan.

“ hhe..makasih ganteng.” Tiba-tiba ray peluk ify.

“ kak, makasih ya..” ucapnya di samping telinga ify. ify bales pelukan ray. ” Kak ify..gue sayang sama loe!”

“ gue juga kok!”

“ gue udah anggep loe kaya kakak gue sendiri.”

“ iya, loe juga kan udah gue anggep adek gue sendiri!”

“ kak rio apaan dong?” goda ray yang masih peluk ify.

“ em..buang aja deh!”

Ray menjulurkan lidahnya ke rio yang sudah siap meledak kapanpun.

‘kurang asem ni bocah! Gue yang menurut bonyok pemilik sahnya aja belum pernah peluk-peluk !’ pikir rio dongkol.

“ gue telpon buat ijin kita bertiga dulu!” pamit rio sambil keluar dari kamar dan berhasil memisahkan ray sama ify.

“ minum obatnya ni..” suruh ify ke ray setelah selesai makan. Ray minum obat terus tidur.

Setelah membetulkan selimut ray, ify keluar.

“ ray gimana fy?” tanya rio yang baru naik ke lantai dua lagi.

“ udah tidur dia.”

“ hemh..sukur deh!”

“ gue mandi dulu.” Pamit ify terus masuk ke kamarnya gantian rio yang nunggu ray. Beberapa waktu kemudian ify balik lagi.

“ gimana kak?” tanya ify ke rio yang baru aja ngecek panas ray.

“ udah adem kok! Kita keluar aja biar dia tidur!” ajak rio terus keluar dan duduk di balkon, ify ikutin dia.

“ kak, loe sayang banget sama ray ya?” tanya ify basa-basi tapi serius. Rio liatin ify.” Hhe..tadi muka loe panik banget pas denger teriakan ray sama liat keadaannya. ”

“ iya lah gue sayang banget sama dia! Gue kakaknya! Loe tau kan bonyok gue sibuk banget? Ya biarpun mereka nggak pernah lupa sama gue dan ray, tapi gue tetep
kesepian, untung ada ray, waktu kecil gue
udah janji sama nyokap gue kalo gue bakal selalu jagain dia! Eh, kok gue malah
curhat. ”

“ nggak papa kali! Gue ngerti kok.”

“ hhe..ray kayanya sayang banget sama loe!”

” ya sukur kalo gitu! Kan bagus kalo makin banyak yang sayang!”

’tapi gue mau loe jadi punya gue!’
pikir rio.

Smp nusantara jaya.

Olivia berkali-kali memandang bangku ray yang kosong. Rasanya sepi juga nggak ada ray yang selalu nemenin dia berdebat, buat
hal yang nggak penting sampai soal matematika yang rumit kaya yang lagi mereka pelajari sekarang.

Olivia mengusir kesepian dengan mencorat-coret buku tulisnya. Nggak tau kenapa dari tadi Cuma ray yang ada di pikirannya.

‘kok dari tadi tu kecoa busuk mulu sih yang ada di pikiran gue? Ada apa sih sama gue ?’
Olivia beneran nggak konsen dan merasa terselamatkan oleh bel istirahat.

Setelah guru keluar ozy dan deva membalikkan kursinya menghadap meja olivia. Acha yang duduk di bangku depan menghampiri mereka.

” eh! Ray sakit! Tar sore kita jenguk dia yuk!” aja ozy.

” boleh! Sekalian kita bawain catetan hari ini!” jawab olivia.

” cie...care amat loe sama dia?” goda deva.

“ ye..biar dia kaya kecoa dia kan juga temen gue!”

“ loe nggak mau lebih?” desak ozy.

“ loe diem apa gue makan idup-idup?” ancam olivia.

Ozy langsung diem.

“ ya udah tar sore kita ke rumah ray!” kata acha.

> bersambung...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar