Senin, 01 Agustus 2011

Cinta Nano-nano part 19 (repost)

Keesokan harinya.

@ smp tunas negara.

Ray udah masuk ke sekolah kaya biasanya, tadinya masih belom mau berangkat tapi malah diomelin sama rio. hari ini latian band lagi, festival tinggal beberapa hari lagi. Latian serius deh mereka.

Pas break.

Ray yang abis beli minum nyamperin olivia yang abis diprivat nyanyi sama bu ucie.

” ni minum dulu! Aus kan?” tawar ray sambil ngulurin minum ke olivia.

” iya! Makasih, kak rio gimana ray? Maaf gue belom sempet jenguk.” kata olivia sambil cubles tutup airnya pake sedotan.

” udah baikan kok sekarang, tadi pagi dia udah bisa bangun, udah bisa ngomelin gue juga! Hhe..”

” kenapa?”

” gue ngeyel nggak mau sekolah, terus dia ceramahin macem2, loe itu jadi orang yang tanggung jawab! Berapa hari loe tinggalin kewajiban loe, bla..bla..” cerita ray sambil niruin rio.

” hhe..untung suara kak rio merdu jadi enak didenger omelannya!”


” merdu gimana? Kalo udah ngamuk kaya tadi pagi tu, beuh..panas kuping gue, suara mariah carrey aja lewat, soalnya kalo lagi ngomel suara kak rio bisa nyampe 27 oktaf, mayat aja
bisa bangun semua, untung kamar dia nggak deket kamar mayat.”

” hhi..lucu kalian, ternyata loe bisa nurut juga sama apa kata kak rio.”

” nggak tau juga gue! Itu kali spesialnya kak rio, bisa bikin orang ngikut aja sama dia.”

” nanti loe langsung ke rs?”

“ iya! Mau ikut?”

“ boleh deh! Sekalian jenguk kak rio.”

” cie...ravia kangen2an..” sorak deva, ozy sama acha.

” ravia?” ceplos ray-olivia.

” iya! Ray-olivia! Hhe..” jawab deva.

” bisa aja loe! Tar loe ikut gue ke rs lagi nggak? Kita sikat makanan disana! banyak banget dah!” ajak ray.

” boleh! Tapi gue pulang dulu, jemput keke.” jawab deva.

” iya deh! Makin rame makin asik.”

” heh! Loe kira rumah sakit tempat piknik?” sela ozy.” kalo kak rio emang rada sarap! Tapi pasien yang lain kan bener.”

” tetep aja ray lebih sarap dari kak rio! hha..” tambah deva.

“ sialan loe!” omel ray sambil noyor deva.

” acha ikut?” tanya olivia ke acha.

“ boleh deh kak!” jawab acha semangat.

Siang harinya

@ rumah sakit.

Ray, olivia, ozy, sama acha jengukin rio.

” hallo kak rio..” sapa ozy, ray, sama olivia, acha yang belum kenal Cuma senyum2.

“ kalian! Jam segini kok udah pulang?” tanya rio yang lagi duduk di bednya sambil naro pspnya.

“ gurunya ada rapat! Mama mana?” jawab dan tanya ray balik.

“ mama pulang ambilin baju gue, Kok rame2 gini?”

“ pengen jenguk loe lah kak! Gimana keadaan loe? Kapan pulang? Cepet pulih deh! Emang enak lama2 opname?!” jawab ozy yang masih gandengan sama acha.

“ thanks deh, gue udah baikan sekarang, gue pengennya juga cepet2 pulang, tapi kayanya susternya udah pada naksir sama gue, jadinya gue nggak diboleh2in pulang, heh?! Siapa zy?” tanya rio sambil senyum2 nggoda pas liat tangan ozy gandengan nggak copot2 sama acha.

” hhe..kenalin kak! Acha, cewe gue! Cha ini kak rio, dia kakaknya ray yang kemaren gue critain!” acha deketin bed rio terus salaman.

” mario, loe boleh panggil gue rio aja!” rio memperkenalkan diri.

“ raissa kak, tapi cukup panggil acha aja kak!”

“ zy..zy..nggak nyangka gue! Loe yang cemennya minta ampun cewe loe cantik gini! Eh, loe semua jangan ngomong ke ify! bisa dilalap gue sama dia! Loe gimana ray? Ozy aja udah punya cewe tu!” goda rio lagi. Acha yang abis dipuji cowo manisnya minta ampun senyum malu2, olivia yang ngrasa tersindir juga senyum malu2.

“ siapa bilang gue nggak punya cewe? Kenalin cewe gue, olivia!” jawab ray bangga.

“ loe udah jadian bro? Curang loe nggak cerita2!”

“ iya dong! Raynald gitu loh!”

“ hha..hebat loe! Kayanya ni trio macan kurang satu, deva kemana?”

” lagi jemput cewenya! Itu si keke.”

” yahelah! Ni orok2 pada pacar2an sekarang!?”

“ ye..enak aja orok! Biar imut2 gini, gue udah gede tau!?” marah ray.” kak ify belom kesini?”

“ belom! Paling bentar lagi, loe semua jengukin gue bawa apaan? Harusnya loe kalo kesini bawa parsel chitato semua rasa!”

“ justru gue bawa mereka kesini pengen abisin makanan yang dibawain temen2 mama sama papa kemaren!”

” hu..” seru rio. nggak lama ada yang masuk lagi. Cakka, gabriel, alvin, septian, deva, sama keke.

” eh..rame bener ni.” Ceplos ozy liat rombongan baru dateng.

“ heh?! Loe semua tanggung jawab kalo gue diusir dari rumah sakit gara2 ngundang masa kebanyakan!” kata rio setelah semuanya ngrubutin tempat tidurnya.

“ kalo itu loe malah seneng! Loe kan paling ogah di rumah sakit!” jawab septian.

“ gimana yo?” tanya cakka.

“ apa? Gue? Gue udah baikan kok! Penyiksaan gue satu udah dicopot no!” jawab rio sambil nunjuk hidungnya yang kemaren dipasang alat bantu pernafasan.” Gimana TMnya vin?”

“ kita dapet musuh BW yo! Kapan loe pulang?” jawab alvin.

” wah..cak! loe maen jangan emosi kalo liat riko! Jangan loe tanya dah gue pulang kapan! Kalo gue nggak maksa pulang juga gue nggak bakal boleh pulang! Besok gue dateng deh kalo kalian pada basket.”

” emang nekat blasteran rada sedeng ni orang!” kata septian.

” kali ini mau loe pada larang juga gue bakal nongol disana! Loe semua tenang aja! Besok gue kemo, kalo abis kemo penyakit gue nggak kumatan!”

” yah..jadi tukang pijit lagi dah gue!” gerutu ray.

” ayolah bro! Loe kan adek gue yang paling ganteng! Tega loe kakak loe kesakitan suruh nolong gitu aja nggak mau?!” bujuk rio.

” emang segitu sakitnya ya kak?” tanya ozy polos.

” nggak Cuma sakit lagi dah! Loe tanya ray deh! Kabur mulu dia kalo gue kemo!”

” gue nggak tega liat loe kak! Beneran! Denger teriakkan loe aja badan gue ngilu semua pengen copot rasanya!” jawab ray memelas.

” iya! Yang penting loe besok pijitin gue! Terus loe boleh minta ganti pijit sama oliv no!” kata rio.

” loe disini juga liv? Sama siapa loe?” tanya cakka yang baru sadar adeknya disana juga.

“ ya iya lah! Loe pikir gue siapa? Sama ray no!” jawab olivia agak ketus.

” jiah! Yang baru dapet restu pacaran, iparan dah kita yo!”

“ kayanya emang idup gue nggak jauh2 dari loe semua!” jawab rio.

“ liv, ati2 aja ya sama ni satu buaya amatiran! Awas loe mainin adek gue, gue sambel loe!” pesan cakka ke olivia sama ray.

“ enak aja loe bilang gue buaya! Amatiran lagi?!” kata ray jengkel.” Nggak bakal deh gue mainin oliv, dapetnya aja susah minta ampun!” lanjutnya.

” hhe..tenang cak, liv! Gue yang jamin kalo ray nggak bakal macem2!” tambah rio.” Ify sama yang lain mana?”

“ nggak tau juga gue! Katanya tadi ada perlu, urusan cewe gitu!” jawab gabriel.

“ eh, yo enak dong loe disini? Susternya aja manteb2 gitu, cantik, putih mulus, dan seksi gitu!?” tanya cakka becanda.

” heh! Gue bilang agni nyahok loe! Mau dibayar juga kalo sakit itu ya nggak enak bego!” jawab gabriel.

“ bego loe piara! Loe gantiin gue sini dah kalo enak! Mana sempet loe liat cewe cantik kalo badan loe aja sakitnya minta ampun?” kata rio.

” hha..kidding sob!”

” eh, udah jam segini! Gue balik ya?! Jemput aren dulu!” sela septian.

“ iya deh, sono! Kalo jadian jangan lupa sama kita2!” jawab alvin.

” pasti dong!” jawab septian terus pergi.

” yel, bu ira sama pak duta udah nanya proposal belom?” tanya rio ke gabriel.

” udah! Begitu tau kabar loe mereka nyuruh gue ngambil alih sementara.” jawab gabriel.

” heu..rusak lagi acara gara2 gue! Tapi udah gue selesein semua proposalnya! Loe tinggal jalanin deh! Besok kalo gue udah mendingan gue karjain yang tugas lapangan.”

” yo, beneran selese? Proposal sebanyak itu udah loe selesein? Kapan yo?” tanya gabriel setengah nggak percaya.

” bener! Loe ambil di kamar gue! Sisanya masih di laptop gue, kemaren pas ujian gue lembur.” jawab rio tanpa dosa.

“ pantesan kondisi loe drop kemaren kak!” sela ray.

” hhe..takdir itu mah! Loe jangan ngomong ke mama sama papa masalah ini!”

“ takdir pala loe?! Loe ngerti nggak kita kawatir? Loe itu kemaren sampe koma kak rio!” omel ray.

” halah! Kalo koma kan malah gue nggak ngarasain sakit! Yang penting kagak titik dah kisah idup gue!”

” ya ampun rio! bingung gue sama loe.” kata cakka sambil geleng2 kepala.

” jongkok dah!” jawab rio seenaknya.” Loe kapan festivalnya?” tanya rio ke ray.

” satu minggu lagi.” jawab ray datar.

“ loe semua ikut festival apaan?” tanya alvin.

” band.” jawab deva.

” gue dateng ah..loe semua ikut nggak?” kata alvin lagi.

” ikut dong!” jawab cakka, gabriel, sama rio kompakan. Yang lain nengok ke rio lagi.

“ apa? Nggak ngijinin? Gue bakal tetep dateng kok! Jangan anggep gue over lemah gitu dong! Kaya gue udah jompo nggak bisa ngapa2in! Gue janji kalo gue nggak sanggup, gue nggak kuat gue bakal bilang ke kalian!” kata rio menenangkan, dia ngerti arti tatapan yang lain kalo nggak ngijinin dia ikut.” Satu lagi! Gue emang mundur dari klub basket, itu karena gue belum boleh pulang dari sini buat latian sama kalian, tapi gue nggak mundur jadi ketua panitia pensi dan kita tetep manggung di pensi, gue bakal tetep nyanyi!”

“ heu..gue tau loe keras kepala, kita bilang nggak juga loe bakal nongol! Terserah loe aja lah! Tapi jangan dipaksain! Loe inget keadaan loe sekarang!” jawab alvin.

“ iya! Gue tau! kenapa gue dikasih penyakit keren gini ya?! Apa gara2 gue keren kali ya?! Titlenya aja leukimia stadium 4, kaya sinetron dah idup gue jadinya.”

“ narsis loe! Nggak nyambung tau!” kata cakka.

“ hemh..ternyata di dunia ini emang ada yang lebih buta daripada cinta, gue nggak ngerti harus gimana kalo ada diposisi loe sekarang yo, mungkin gue udah nangis2 sampe kepikiran bunuh diri.” Kata gabriel.

“ berarti tuhan ngakuin gue lebih hebat dari loe!” jawab rio kepdan.

Tiba2 terdengar pengumuman dari rumah sakit kalo jam besuknya habis.

“ yah..udah diusir kita!” ceplos ozy.

“ balik yuk! Biar rionya juga istirahat!” ajak alvin.

“ ya udah! Kita balik dulu kak.” Pamit deva.” Oh iya sampe lupa! Kak ify minta maaf rada telat jengukin kakak, tar juga dia kesini.” lanjutnya sambil mukul jidatnya.

” iya, nggak papa.”

” kita balik yo, loe istirahat yang bener! Cepet sembuh! Gue tunggu loe di lapangan basket!” pamit cakka sambil nepuk bahu rio.” Loe pulang sama ray ya liv! Gue ada janji sama agni!” suruh cakka ke olivia.

“ iya! gue anterin olivia sampe rumah tanpa lecet sedikitpun.” jawab ray. Sekarang tinggal rio sendiri di kamar.

” mau ngapain lagi gue? Garing bener dah!” kata rio memikirkan apa yang bisa dia lakukan. Tatapnnya tertuju pada gitar ray yang ditinggal di sofa kamar inapnya.

” gitaran ah!” rio terus ambil infusnya terus dia gantung lagi di tiang infus yang ada rodanya, sebenernya rio belom boleh berdiri apalagi jalan sama dokternya, tapi namanya orang nekat bin sarap ya ikut aja apa yang dia pengen. Rio jalan pelan2 sambil dorong tiang infus yang merangkap tugas jadi tongkat.

Setelah ngambil gitar dia ke balkon kamar rawat inapnya yang di lantai tiga. Tarus dia mainin gitarnya sambil nyanyi.

Bu manda baru balik ke ruamh sakit lagi. Begitu masuk langsung kaget rio nggak ada di tempat tidurnya.

” ya ampun..rio kemana? Kok nggak ada?” kata bu manda panik. Terus keluar cari suster yang lewat.

” sus, apa pasien di kamar ini ada pemeriksaan atau di pindah kamar? Kalau iya kok tidak ada pemberitahuan?”

” tidak ada kok bu! Ini pasien mario stevano kan?”

“ iya! Tapi dia tidak ada suster, dia belum boleh turun dari tempat tidur!”

“ ini saya baru mau mengantar makan dan obatnya.”

“ ya ampun rio! Pasti bikin ulah lagi?!”

“ ibu sudah cari di ruangnya?”

“ kosong suster! Kamar mandi juga terbuka!”

“ kita cari lagi saja bu!” suster dan bu manda masuk lagi terus sibuk nyari2 rio, kebetulan jendela ke balkon ketutup korden dan pintunya tadi ditutup sama rio.

Suster deketin pintu balkon dan dia denger ada suara orang nyanyi sambil main gitar, dia keluar.

“ bu, ini rionya disini..” teriak suster yang buat rio noleh dan bu manda buru2 keluar.

“ ya ampun rio..bandel banget kamu dibilangin?! Perlu mama iket biar kamu nggak jalan2?” omel bu manda.

“ yaelah ma, barang ke sini doang! Nggak ada 50 meter dari kasur no! Rio udah mendingan mama! Pala rio udah enteng, badan rio udah nggak terlalu lemes lagi, bisa kaku semua badan rio kalo tiap hari Cuma disuruh guling2 di kasur!” rio membela diri.

“ ni anak bandelnya minta ampun deh! Balik! Cepet! Apa mau mama jewer dulu?!”

“ jangan! Rio balik deh.” Jawab rio dengan berat hati.

Baru sampe depan pintu rio liat ify dateng.

“ hai fy..” sapa rio tanpa dosa.

“ loh, kok loe udah jalan2?” tanya ify bingung, baru kemaren dia liat rio tak berdaya sekarang udah jalan2.

“ bosen gue di tempat tidur mulu.”

“ rio bandel fy, bingung tante mau nyuruh istirahat pake cara apa lagi.” Sela bu manda.

“ kak, loe tu nurut kata orang tua bisa nggak? Loe pikir dengan cara loe kaya gini loe nggak ngrepotin orang lain? Tar kalo sakit loe kumat lagi siapa yang repot? Loe sendiri kan?” omel ify.

” iya! gue tau.” jawab rio setelah balik ke tempat tidurnya lagi.

Nggak selang lama dokter masuk.

“ siang dokter.” Sapa bu manda.

“ siang bu, siang rio.”

“ siang dok.” Jawab rio.

“ gimana keadaan kamu? Masih pusing?” tanya dokter sambil meriksa rio.

” nggak dok, saya rasa baik banget malah.”

” kodisi kamu sudah stabil, hebat kamu! Baru kali ini ada pasien saya yang pulih dari komanya secepat ini.” kata dokter setelah selese meriksa.

” dok, saya boleh jalan2 ya? Garing banget! Bisa stres lama2 dikurung disini, infusnya copot ya dok?!” Bujuk rio.

“ iya, tapi jangan keluar dari rumah sakit dan jangan terlalu capek!” jawab dokter sambil copot infus rio.

“ siap dok! aw..” rintih rio pelan gara2 jarum infusnya dicabut.” Jalan2 yuk fy!” ajak rio ke ify.

” ayuk..” jawab ify.

“ tapi makan sama minum obat dulu!” sela susternya.

” iya deh.” jawab rio rada nggak iklas.

Setelah itu rio sama ify jalan2, rio bawa gitar ray.

“ jagain rio ya fy! Tante nitip, jewer aja kalo bandel!” pesen bu manda.

“ iya tante.” Jawab ify.

Di lorong rumah sakit.

“ seneng deh gue fy.” Kata rio.

“ kenapa?”

“ bisa keluar dari kamar, sumpah, sumpek banget! Dan yang bikin gue seneng lagi, gue sekarang lagi sama loe.”

” biasanya juga tiap hari loe sama gue?!”

” yang ini beda! gue seneng karena loe tetep ada di samping gue pas loe tau keadaan gue sekarang, nggak bisa dipungkiri kan kalo gue sekarang Cuma cowo penyakitan? Makasih ya fy.”

” kak rio, jangan ngomong kaya gitu deh! Loe pasti sembuh! Gue yakin! Kita bakal sama2 terus selamanya, gue botakin loe ngomong kaya gitu lagi!”

” nggak loe botakin juga bentar lagi gue botak! iya, gue juga yakin kalo gue bakal sembuh buat loe dan buat semuanya! Tapi gue tetep salut sama loe yang mau nemenin gue saat gue lagi di bawah kaya sekarang.”

” iya juga ya..hhe..” kata ify sambil senyum2 ngledek.

” apa loe? Mau ketawain gue?” tanya rio ngajak berantem.

“ nggak! Bayangin aja kalo loe botak kaya gimana?! Kaya lampu taman yang bunder itu kali ya?!”

” heh?! Rese loe! Mau diapain juga kalo takdirnya gue udah ganteng ya ganteng aja.”

“ narsis loe!”

“ biarin! Yang penting gue ganteng! Wlee..”

“ ieuh..”

@ taman rumah sakit.

RiFy ngobrol di salah satu bangku taman.

” eh, fy, kok loe bisa jengukin gue pas bukan jam besuk?”

” emangnya gue sebego itu apa? Sampe urusan kaya gini aja nggak bisa gue akalin.”

” setau gue sih loe emang bego!”

” kak rio..loe rese banget sih?!”

“ ye..gue jujur tau! bukan rese!”

“ ih, nyebelin banget dah ni orang! Tapi emang bener gue bego, kenapa bisa gue bisa nglakuin kesalahan cinta sama loe kalo gue nggak bego?”

“ ow..gitu? jadi menurut loe cinta sama gue itu salah?”

” iya! kesalahan terindah yang pernah gue lakuin seumur hidup gue dan gue nggak pernah nyesel nglakuin kesalahan itu.”

” hha..makin bisa ya loe fy?! Belajar nggombal dari siapa loe?”

“ dari loe.”

“ gue paling nggak bakat kaya gituan! Oh iya, gimana tadi loe bisa masuk?”

“ lewat belakang bereng suster2 yang mau nganterin makan. Hhe..”

“ tumben loe pinter? Hhe..”

“ ya ampun kak rio..rese!”

“ kan loe yang ngajarin gue?!”

“ nggak kebalik?”

“ kayanya nggak.” Jawab rio enteng.

“ rese!”

“ loe!”

“ loe!”

“ rio!”

“ ify!”

“ rio...” seru ify ngotot.

“ sst..” rio tempelin telunjuknya di bibir ify sambil liatin mata ify dengan tatapan hangatnya ditambah senyum manis tiada taranya, jantung ify rasanya pengen loncat.” Rio cinta sama ify!” lanjutnya dengan intonasi pelan2.

“ alyssa sayang mario selamanya.” Sambung ify setengah nggak sadar gara2 terpesona sama rio. Beberapa waktu mereka saling pandang.

“ eh kak.” Kata ify salting sambil ngalihin pandangannya ke langit.

’buset dah! Kak rio, loe percaya kalo gue kaya ngrasa jatuh cinta lagi sama loe? jatuh cinta kesekian kalinya sama orang yang sama.’ Batin ify.

” ify, gue pengen nyanyi buat loe, loe dengerin ya!” kata rio mengalihkan pembicaraan, abis salting juga dia.

” iya deh!”

Rio main gitar sambil nyanyi.

Melihat tawamu, mendengar senandungmu

Terlihat jelas dimatamu warna-warna indahmu

Menatap langkahmu, meratapi kisah hidupmu

Terlihat jelas bahwa hatimu

anugrah terindah yang pernah ku miliki

sikapmu yang slalu redakan ambisiku

tepikkan kilavku dari bunga yang layu

saat kau disisiku kembali dunia ceria

tegaskan bahwa kamu

anugrah terindah yang pernah ku miliki..

” masih sama aja, keren...” kata ify setelah lagunya selesai.

” hhe..makasih, dua hari lagi loe temenin gue liat basket ya?” tawar rio.

” Emang nggak papa?”

” nggak! Emang kenapa kalo gue liat basket? Gue kan sakit kanker bukan alergi basket.”

” nggak nyambung! Tapi asal dokter ngijinin gue mau nemenin.”

” oke! Thanks ify, loe besok kesininya sorean aja ya!”

“ emangnya kenapa? Gue kan juga pengen nemenin loe.”

” pokoknya loe ikutin kata gue! Basok loe gue jelasin.”

” terserah loe aja lah! Balik ke kamar yuk! Kayanya mau ujan ni, tar loe kambuh lagi kalo kehujanan.”

” yuk!” rio-ify balik ke kamar rio lagi.

bersambung..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar