Senin, 01 Agustus 2011

Love Donuts Part 1

Hari ini pengumuman beasiswa bagi anak kelas 1 yang baru masuk ke SMA Cakrabirawa, semua anak udah kumpul di aula sekola juga anak kelas 2 dan 3 yang
ikut hadir.


“Baiklah, pada kesempatan ini Ibu akan langsung membacakan pengumuman hasil tes beasiswa yang sudah diadakan 2 minggu lalu...” ujar Bu Ira selaku
kepala sekolah disana


“Hanya ada 3 peserta yang dapat beasiswa 3 tahun berturut turut, yang pertama... Alvin Jonathan Sindunata!!!!” Alvin yang denger namanya langsung
mengucap syukur pada tuhan dan maju kedepan dengan wajah berseri-seri.


Semua anak yang ada disana tepuk tangan, tapi hanya satu cewek yang ga perhatiin si Alvin sementara cowok disebelahnya Cuma ketawa-ketawa aja liat
Alvin yang maju kedepan..

“Gila! Anak gini bisa masuk SMA kita!!” kata Rio


“Menang otak dia Yo!” kata Cakka


“Iya tapi ga selevel lah sama kita!!” kata Rio


Memang Alvin anak dari keluarga ga mampu, dia Cuma coba-coba ikut tes beasiswa, karena emang pinter dia masuk deh...


“Untuk yang kedua.. Alyssa Saufika Umari!!!!” panggil Ibu Ira lagi, anak yang dipanggil Ify pun ikut senyum dan maju!


Rio and the genk ngakak liatin Ify yang maju...


“Gila! Tambah parah yang ini!!!” kata Rio ngakak, “Gue baru kali ini liat cewek cupu kaya gini!!!”


“Hush!! Diem kak!” kata Sivia yang dari tadi diem sambil ngeliatin Ify... “Pinter banget emang!” batinnya


“Abis lucu Vi, liat aja gayanya! Jangan sampe deh loe temenan sama tuh cewek! Rusak reputasi gue!” kata Rio


“Loh! Terserah gue dong! Lagian kayanya anaknya baik kok...” kata Sivia

............................


Senin kemudian merupakan hari pertama Ify dan Alvin belajar di sekolah barunya, Ify sama Alvin sepupuan, rumahnya juga sebelahan, sama-sama pinter.
Mereka berdua senasib lah sama-sama anak yang berusaha kejer cita-citanya,
keadaan keluarga yang ga dukung bikin mereka tambah usaha, Alvin, ibunya Cuma
penjaga kantin disini, itung-itung bantuin ibunya kerja makanya dia masuk ke
sekolah itu, awalnya Alvin ragu tapi ya udahlah, ibunya sakit jadi harus
bantuin. Ify, dia Cuma anak seorang guru honor biasa di sebuah SD di Jakarta,
ibunya udah ga ada, Ify Cuma tinggal sama ayahnya, jadi dia sering bantuin
Alvin dan Ibunya Alvin

........................



Shilla melihat Ify dan Alvin dengan tampang sinis banget diikutin 2 temen setianya. Bukan hanya mereka, semua anak SMA Cakrabirawa pada ngeliatin mereka
sambil bisik-bisik ga jelas.



Ify sama Alvin Cuma bisa diem, nunduk dan terus jalan... Waktu mereka jalan disebelah Shilla, Shilla sengaja majuin kakinya.. sampe GEDEBUKK!! Ify
kesandung kakinya Shilla, dia langsung
jatoh.


“Aduh...” jerit Ify, Alvin langsung nolongin dia, keduanya berdiri lagi ngeliatin Shilla



“Kenapa?? Ga suka?? Makanya jalan liat-liat dong! Punya mata kan loe??!” kata Shilla sinis, Alvin kesel banget ngeliat Shilla, dia natep Shilla sinis,
“Nih cewek, kalo bukan kakak kelas aja, gue tonjok loe!” batin Alvin. Shilla
bales melotot ke Alvin, tapi Alvin ga peduli dia lanjut jalan sama Ify.


“Loe ga papa kan Fy?” tanya Alvin mereka ga sengaja lewat depan Rio yang lagi ngobrol sama Sivia


“Iya ga papa kok...” jawab Ify lalu mereka lanjut pergi


“Vi kasian banget ya mereka!!” kata Rio, “Ga nyadar banget sama kondisi!”


“Kak! Udah deh berenti ngejelekin orang... Kasian sih kasian, ga usah gitu dong ujungnya!”


“Loe kok nyolot Vi?” tanya Rio mulai kesel


“Ya bukan gitu juga...” kata Sivia.


...............................


“Vin, loe udah liat pengumuman kelasnya?” tanya Ify


“Udah, kita ga sekelas, gue X.A loe X.B...” jawab Alvin


Sampe akhirnya mereka pisah ke kelas masing-masing


@kelas Alvin


Alvin masuk ke kelas semua orang liatin dia tak terkecuali Aren yang natep dia sinis...


“Oh jadi loe yang dapet beasiswa itu? Sekelas sama gue?” tanya Aren


“Iya, emang kenapa?” tanya Alvin cuek


“Eh loe baru masuk udah belagu loe! Awas aja, loe bakal kalah sama gue!!” jawab Aren ketus


Alvin diem aja, dia langsung cari tempat kosong buat duduk, sampe akhirnya dia ketemu sama 2 orang yang kayanya bisa dijadiin temen.


“Udah lah Vin, si Aren emang gitu..” kata Lintar, “Eh, gue Lintar...” lanjutnya sambil ngulurin tangannya..


“Alvin...” balas Alvin, “Loe siapa?” tanya nya ke anak yang disebelah Lintar


“Dayat...” kata Dayat senyum. Dayat sama Lintar duduk berdua, sementara Alvin akhirnya duduk dibelakang mereka


“Disini tempat siapa?” tanya Alvin sambil narok tasnya


“Itu Sion, tenang aja...” jawab Dayat


@kelas Ify



Ify masuk, celingak-celinguk cari tempat kosong akhirnya ketemu tempat duduk didepan, karena Cuma itu tempat yang kosong dan satu cewek disebelahnya
lagi asyik sama majalah


“Gue boleh duduk sini?” tanya Ify



“Hmm...” jawab cewek itu ga perhatiin Ify, dia tutup majalahnya dan kaget ketika liat Ify udah disebelahnya, “Busset!! Kok malah cewek gini sih...”
batinnya


“Gue Ify...” sapa Ify ngulurin tangannya


“Zahra..” jawabnya cuek ga bales jabatan tangan Ify, dengan cepet Ify narik tangannya lagi


@waktu Istirahat


Dikantin Rio, Cakka, sama Gabriel baru masuk terus pesen makanan


“Bu, aku pesen lagi ya... Biasa pulang sekolah nanti diambil...” kata Rio nyapa ibu Ucie, ibu kantin yang lagi sibuk sama dagangannya.


“Sipp lah nak Rio...” katanya


Rio perhatiin disana ga biasanya ditempat bu Ucie sibuk ada seorang anak cowok yang bantuin, tapi sicowok itu ngadep belakang, jadi Rio ga tau..


“Sejak kapan bu Ucie punya asisten?” batin Rio, akhirnya dia kembali duduk sama kedua temennya.



Dari awal masuk ke SMA Cakrabirawa, Rio emang udah langganan beli donat sama bu Ucie dikantin sekolahnya, dan saking sukanya dia sering pesen 1 kotak
donat per hari buat makan dirumah.. Gileee!!


“Yo, loe kenapa sih?” tanya Cakka


“Ga kok ga papa...” jawab Rio masih aneh sama anak yang dia liat tadi


“Hallo Iel...” sapa Shilla centil


“Hai...” jawab Iel datar.. “Ketemu dia lagi.. ketemu dia lagi...” batin Iel


“Boleh duduk sini?” tanya Shilla


“Eh Shilla, ngapain loe nimbrung-nimbrung! Noh masih ada tempat kosong!!” kata Cakka



Gabriel sama Rio Cuma pamerin tampang cool mereka sambil nahan ketawa.. Akhirnya Shilla balik, tapi pas dia mau duduk dikursi yang ada, tiba-tiba Ify
dudukin kursi itu duluan.


“Eh, misi-misi! Gue mau duduk!” kata Shilla, Zeva sama Dea kompak ngikutin Shilla


Ify Cuma diem, dan bangkit dari kursi itu... “Seenaknya aja!” batin Ify, akhirnya dia cari kursi lagi tempat lain.


Sivia yang baru masuk kantin ngeliat Ify sendirian, mau samperin tapi ada Rio disana yang panggil dia


“Via...” kata Rio, Sivia langsung duduk disebelahnya, dia senyum, tapi liatin Ify lagi, “Kasian tuh cewek..” batinnya


“Loe kenapa lagi Vi?” tanya Rio


“Ga gue ga papa kak...” kata Sivia maksain senyumnya, tapi Rio tau kalo Sivia liatin Ify daritadi


“Oh jadi dia lagi!” kata Rio kesel, “Loe kenapa? Kasian sama dia? Derita dia kali!”


“Kak, loe tu ga punya rasa kasian ya...” kata Sivia ninggalin Rio dia jalan kearah Ify duduk didepannya


“Hai.. gue boleh disini kan?” tanya Sivia


“Ya boleh...” jawab Ify setengah kaget


“Loe Ify kan? Anak X.B? Gue Sivia X.C...” kata Sivia senyum


“Iya, salam kenal ya...” jawab Ify bales senyumnya..


“Nih anak manis juga kalo senyum. Sayang banget dia dandan gini...” batin Sivia


Ga lama mereka asyik ngobrol keduanya nyambung dan cocok banget..


“Fy, loe mulai sekarang jadi temen gue ya...” pinta Sivia


“Ya jadi dari tadi kita ngapain kalo ga temenan?” tanya Ify


“Hehhee, iya juga ya... Eh kapan-kapan gue mau cerita ke loe ya, gue mau main kerumah loe, terus kita gantian. Gimana?”


Ify ga jawab dia nunduk aja...


“Fy... Ify!!” kata Sivia goyang-goyangin jarinya didepan Ify


“Eh iya?” tanya Ify gugup


“Kok bengong, gimana?” tanya Sivia lagi, belum sempet Ify jawab bell masuk sekolah udah bunyi..

................................


Pulang sekolah, biasa Ify sama Alvin pulang bareng, dijalan mereka Cuma diem-dieman aja, biasanya Ify kalo udah ketemu Alvin maunya ngomong mulu, tapi
hari ini beda. Smpe di rumah...


“Gue masuk ya Vin, makasih...” kata Ify


“Fy!” Alvin nahan Ify, “Loe kenapa?” tanyanya


“Gue ga kenapa-kenapa kok...”


“Ga loe bohong, ga biasanya loe gini. Loe kenapa?” tanya Alvin


“Udah deh, cape gue.. Mau masuk...” jawab Ify cuek dia langsung masuk


@kamar Ify



Ify bingung sama tawaran Sivia, dia tau keadaannya beda banget sama Sivia yang anak orang kaya, cantik, modis. Dia takut malu-maluin kalo Sivia dateng
kerumahnya.


@rumah Rio


Rio asyik main ps sambil makan donat yang udah dia pesen.. Tiba-tiba Aren dateng ngoceh sendiri..


“Nyebelin-nyebelin-nyebelin!!!!” kata Aren


“Berisik loe!” jawab Rio


“Kak, loe ga bilang-bilang bawa donat!” kata Aren nyomot donat satu, “Kalo tau gini, pusing gue bakal ilang tau!”


“Emang loe kenapa sih, dari tadi berisik mulu!” kata Rio


“Loe tau cowok yang dapet beasiswa itu? Dia tu belagu banget jadi orang!!! Baru masuk aja sok banget!” kata Aren


“Oh cowok cupu temennya cewek cupu?!” tanya Rio


“Bener!! Sumpah gue benci abis sama dia!!”


“Bukan Cuma loe! Gue juga, males ngeliatin mereka berdua! Lagian sekolah udah bego kali ya nerima tuh orang berdua!” jawab Rio


“Ga salah lagi! Pake ngalahin gue dapet beasiswa segala!!” kata Aren


“Loe tenang aja Ren, gue dukung loe kok. Mereka belum tau aja loe itu siapa!!” kata Rio


“Loe bener kak, ga ada yang bisa ngalahin gue!!!” kata Aren masih makan donatnya


“Woi!! Loe boleh kesel!! Donat gue tinggal satu nih!!” kata Rio

..........................

Keesokan harinya disekolah..


“Ify loe pasti ikut KIR lagi kan?” tebak Alvin


“Iya, loe juga kan?” tebak Ify


“Ga!” kata Alvin


“Loh kenapa? Tumben loe! Oh, loe ikut club matematika ya? Atau fisika?” tanya Ify


“Ga!” jawab Alvin lagi


“Jadi apa dong?”


“Basket!” jawab Alvin mantep


“Hah? Sepupu gue ikut basket? Loe serius?” tanya Ify kaget


“Iya, ga ada tampang boong kan dimuka gue!” kata Alvin


“Emang loe bisa?” tanya Ify


“Weiss, loe jangan ngeremehin gue lah!! Liat aja nanti!” kata Alvin


“Kapan seleksinya?”


“Lusa!” jawab Alvin, “Loe doain gue ya...” katanya senyum

............................

Waktu istirahat, Sivia cari-cariin Ify kekelasnya..


“Zahra, loe liat Ify?” tanya Sivia, dia udah kenal sama Zahra dari SMP tapi ga akrab


“Udah keluar Vi! Cari aja kalo ga kantin, dia di perpus!”


Sivia cari kekantin, tapi Ify ga ada disana, dia malah ketemu sama pacarnya.


“Via, akhirnya loe dateng, kangen juga kan sama gue!” kata Rio ke-pdan


“Siapa yang mau cariin loe!” kata Sivia, “Liat Ify ga?” tanyanya lagi


“Dia lagi-dia lagi!!! Ga gue ga liat!” kata Rio ketus


“Ya udah!” Sivia berbalik, tapi tangannya ditarik Rio


“Ih, apaan lagi sih?!!” kata Sivia ngelepasin tangannya dari Rio


“Vi, loe dengerin gue dong... Loe tu ga pantes temenan sama cewek itu, beda sama loe Vi!!” kata Rio


“Hei kak!!! Bagi gue semua sama aja, loe nya aja yang aneh! Lagian apa hak loe ngelarang gue!” kata Sivia akhirnya kabur ninggalin Rio


“Arrgh!!! Awas tuh anak!!” kata Rio kesel

.........................

Sivia cari Ify lagi di perpus, akhirnya dia ketemu.


“Ify, ternyata loe disini. Gue cariin tau...” kata Sivia lalu duduk disebelah Ify


“Ada apa Via?” tanya Ify mangalihkan pandangan dari bukunya ke Sivia


Sivia belum jawab, dia liatin buku yang dibaca Ify... “JURUS-JURUS JITU MENGHADAPI KIMIA DASAR”, “Gila buku apaan tuh...” batin Sivia


“Eh, ga... Loe sibuk ya?” tanya Via ragu


“Ga juga tuh...” kata Ify senyum


Padahal Sivia mau ngajakin Ify ikut ekskul musik, tapi liat Ify yang kaya gitu... Batal deh!


“Eh Fy, gue balik lagi ya... Ada yang gue lupa...” akhirnya Sivia ninggalin Ify sambil tersenyum.



Dijalan dia mikir, Ify emang beda! Belajarnya rajin banget, sampe waktu istirahat baca buku kaya gituan.. “Gue aja boro-boro ke perpus, dirumah aja
males!” kata Sivia


Sampe dikelas, dia sms Rio..

To : Kak Rio

Gue hari ini ga pulang bareng loe, gue dijemput nyokap...


From : Kak Rio

Oke deh, loe ga marah kan sama gue Vi?


To : Kak Rio

Ga, buat apa juga marah-marah...


Sivia nyudahin smsannya karena guru udah masuk tanda pelajaran dimulai..


Sepulang sekolah, Sivia nungguin mamanya yang masih dijalan, dia balik kekelas lagi karena kotak pensilnya ketinggalan, sekolah udah mulai sepi...



“Nah untung masih ada...” kata Sivia senyum mendapati otak pensilnya yang malang tergeletak di meja. Dia balik keluar kelas, kelasnya ngelewatin
kantin...


Dia jalan terus tapi ga liat jalan, sibuk sama bb nya.


GEDEBUKK!! Sivia ketumbur sama orang yang lagi bawa box makanan gede-gede..


“Aduuh...” kata Sivia, sementara box makanan yang dibawa si orang tadi jatoh kemana-mana


“Eh.. Loe ga papa?” tanya orang itu yaitu Alvin


“Iya gue ga papa kok...” kata Via bersihin tangannya...


“Ada yang luka ga?” tanya Alvin agak panik



“Ga kok, ga ada...” kata Sivia, dia berusaha bangun, tapi belum sempet berdiri, matanya bertemu dengan mata Alvin, jantung Sivia serasa berenti
berdetak saat itu juga melihat mata tajam itu

Keduanya diem, ga ngomong apapun...
“Hei kok diem? Ga ada yang luka?” tanya Alvin balik


“Eh.. ga.. ga ada kok...” jawab Sivia duduk lalu keduanya baru berdiri


“Maaf ya gue jalan ga liat-liat...” kata Sivia


“Ga papa kok!” jawab Alvin sambil ambil box makanan yang jatoh. “Loe belum pulang?”


“Lagi nunggu jemputan nih... Loe disini ngapain?” tanya Sivia


“Ya beresin kantin dulu lah.. Tapi udah kelar kok..” jawab Alvin


Sivia diem sejenak, tiba-tiba mobil mamanya udah nyampe..


“Eh gue pulang dulu ya... Udah dijemput tuh. Maf yang tadi ya...” kata Sivia sambil jalan


“Hei tunggu!!” panggil Alvin


Sivia noleh


“Nama loe siapa?” jerit Alvin


“Sivia!!” jawab Via dari jauh


“Gue Alvin...” suara Alvin terdengar samar-samar karena mama Sivia udah menstarter mobilnya, dan mereka pulang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar