Selasa, 02 Agustus 2011

Special Bus! Part 17

Ify pulang kerumah dengan perasaan kacau, wajahnya murung..

“Ify kamu kenapa?” tanya mama

Ify menggeleng, “Ify keatas dulu ma..” ucapnya lalu pergi

“Kenapa kakak mu Dev?”

Deva hanya mengangkat bahu..

“Ga tau juga bu, dari masuk mobil, non Ify udah kaya gitu.. Mungkin capek kali.” Sahut
bi Sumi

@kamar Ify

Setelah mandi, Ify lalau duduk dikasurnya sambil menatap kutipan koran itu.. Lalu
membacanya dalam hati..

Ditemukan seorang anak laki-laki remaja yang menjadi korban tabrak lari oleh sebuah bus. Anak yang bernama Mario itu tewas seketika setelah ada beberapa saksi yang melihat dengan jelas..

“Dia mau nyebrang, tapi keliatan terburu-buru dan yah, lalu bus itu lewat dan menabraknya..” ujar seorang saksi yang enggan
disebutkan namanya... Sampai saat ini polisi masih terus mencari jejak para
pelaku dalam bus ber plat nomor B 2993 RF itu.. Sementara jasad korban akan
segera diberitahu oleh orang tuanya...

Bandung, 29 Maret 2007
Ify meneteskan air matanya setelah menatap gambar si korban dalam berita itu.. Ia
menangis sekencang-kencangnya...

“Ga mungkin, ini ga mungkin!!!” rintih Ify

“Mario, loe beneran udah ga ada? Tapi kenapa Yo... Kenapa loe lakuin ini sama gue???”
Ify berkata dalam isak tangisnya..

Ia menatap kembali sosok dalam koran itu dan yakin bahwa orang itu memanglah Mario
yang ia cintai..

Ify terus-terusan menangis tanpa henti, dikepalanya hanya ada sebuah tanda tanya
besar tentang Mario. Mengapa Mario hadir dihadapannya? Mengapa Cuma ia yang
tahu? Apa maksud dan tujuan Mario?

TOKK..TOKK..

“Ify...” panggil mama dari balik pintu..

Ify dengan cepat menghapus air matanya..

“Iya ma..”

“Ayo makan, udah ditungguin..”

Ify lalu membuka pintu..

“Kamu kenapa?”

“Ify tadi tidur ma..”

“Kok sampe bengkak gitu...?” mama heran

“Ga papa, keenakan tidurnya, yuk...” Ify menduluin mamanya turun ke bawah untuk
makan..

Sampai makan pun Ify tidak nafsu, dia hanya mengaduk-aduk makanannya

“Loh Fy.. kok Cuma diaduk-aduk...?” tanya mama

“Ify ga nafsu..” jawabnya pelan

“Fy, kalo kamu ga makan nanti kamu sakit lagi..”

“Kan emang Ify penyakitan..”

“Ify...” sahut papa, “Makan, papa ga mau liat kamu sakit lagi!” papa sedikit membentak

Deva menyikut Ify, “Makan kak.. ntar papa marah loh..” bisik Deva

Ify menghela nafas lalu mengambil nasi sesuap-demi-sesuap..

“Nah gitu dong, abis kan..” kata mama

“Ify ke kamar dulu ma...” tanpa menoleh, Ify segera naik keatas..

@kamar Ify

Tangisan Ify berlanjut, ia menutupi mukanya dengan bantal...

“Mario, jelasin ke gue, kenapa ini semua..” gumam Ify

Tak terasa udah 2 jam Ify nangis, akhirnya ia tertidur..

Keesokan harinya...

“Ify..” kata mama duduk disampin Ify yang masih terbaring..

“Kamu demem lagi ya?” tanya mama lalu memegang kening Ify yang panas..

“Iya kayanya ma..”

“Ya udah mama ijinin sekolah kamu ya... Kamu mau ke dokter?”

“Ga usah ma, palingan Ify pusing aja, kan masih ada obatnya..

Mama menghela nafas, “Ya udah, kamu istirahat ya, nanti kalo ada apa-apa panggil
mama..”

“Mama ga kerja?”

“Yah kalo kondisi kamu gini, mama dirumah aja..”

“Aduh mama, Ify ga papa, mama kerja aja..”

“Tapi kamu?”

“Ma, kan ada bi Sumi yang bisa bantuin Ify..”

“Ya udah kalo itu maunya kamu, mama kerja, tapi kalo ada apa-apa cepet telpon mama
ya...”

Ify mengangguk..

Mama lalu keluar..

Akhirnya Ify dirumah Cuma sama bi Sumi sementara Pak Chiko harus mengantar jemput Deva

“Ini makan siangnya non..”

“Taro situ aja bi...”

“Ya udah, bibi tinggal dulu ya non..” Ify mengangguk

@sekolah

“Si Ify sakit lagi...” kata Sivia

“Iya, gimana kalo kita jenguk nanti..” usul Agni

“Bisa aja kok...” kata Alvin

“Ya udah, pulang sekolah langsung ya...” Agni

“Eh jangan langsung lah, kita pulang dulu aja, trus bawain oleh-oleh buat Ify...”
kata Shilla

“Bener juga, ya udah deh kita pulang dulu, beli oleh-oleh trus kumpul dirumah Ify...”
kata Agni

“Oke!” jawab yang lain..

@rumah Ify

Ify masih berdiam diri dirumahnya, semuanya ga mua dia lakuin..

“Non Ify mau beli apa? Nanti biar bibi yang beli..”

“Ga usah bi, Ify ga papa kok..” katanya sambil menonton tv

“Ya udah ya non..” bi Sumi lalu kebelakang lagi.

“Aduh lama-lama bosen gue...” gumam Ify..

Kepalanya udah ga pusing lagi, tapi pikirannya masih sama tertuju pada satu hal..

“Gue harus pecahin ini semua, gue ga bisa diem aja gini...” Ify beranjak ke kamar
lagi dan mengganti bajunya untuk segera pergi..

“Non Ify mau kemana?” tanya bi Sumi heran

“Eh bi, Ify ada urusan sebentar..”

“Non, tapi non lagi sakit..”

“Ify ga papa bi, tapi jangan bilang-bilang mama, papa, sama Deva ya bi...”

“Non, kalo bibi yang dimarahin gimana?”

“Aduh pokoknya bibi tenang aja, ya ya ya...” Ify bergegas keluar pagar..

“Jangan bilang-bilang ya bi...” teriak Ify

Ify segera berlari..

“Pertama, gue mau ke bus itu, siapa tau Mario disana...” Ify yakin lalu segera ke halte
yang ga cukup jauh dari komplek perumahannya..

“Aduh lama nih...” kata Ify celingak-celinguk cari bus langganannya itu..

“Itu!” Ify langsung menaikinya..

“Kok ga ada...” gumam Ify melihat kursi yang diduduki Mario kosong melompong..

Ify kecewa lalu turun kembali..

“Loh kok turun lagi neng?” tanya kernet bus

“Eh,, nggak jadi bang..” Ify lalu berjalan meninggalkan bus itu..

“Oh iya!! Bang!” Ify menghampiri abang kernet itu lagi

“Apa lagi neng?”

Ify merogoh tasnya dan mengambil kutipan koran bekas kemarin..

“Bener ga berita ini?” Ify menyodorkannya lalu si abang itu membaca dengan seksama

“Oh ini mah udah lama neng! Tuh liat aja tanggalnya..

“Emang ini beneran bang? Korbannya meninggal? Trus supirnya gimana?”

“Iya neng, korbannya meninggal, karena itulah bus ini dari Bandung dipindahin ke
Jakarta, supirnya udah dipenjara kok, makanya sekarang abang sama supir yang
baru ini yang gantiin..”

“Oh gitu, korbannya?”

“Korbannya ya udah dimakam dong neng di Bandung..”

“Oh gitu jadinya..”

“Emang kenapa neng? Kenal ya?”

“Ga kok bang, ada temen saya.. makasih ya bang, saya pergi dulu...” Ify lalu
meninggalkan bus itu..

“Bandung 3 tahun lalu?” gumam Ify..

“Apa ini ada hubungannya sama Sivia?” Ify cepat-cepat menggeleng kepala..

“Ga mungkin, tapi kalo emang beneran, buat apa?”

Ify terus berjalan, “Kayanya gue tau harus kemana...”

Tibalah ia disebuah taman yang ga asing lagi bagi Ify dan Mario..

Ga ada sosok Mario disana, Ify mendesah kesal..

“Woi!!! Mario!!!!! Dimana loe!!!” teriak Ify keliling-keliling cari Mario

“Loe harus jelasin semuanya ke gue!! Sekarang!!”

Ify kesal Mario tak muncul-muncul...

Ify merasa kepalanya mulai pusing lagi, dia mutusin buat istirahat sejenak..

“Aduh gimana nih...” rintih Ify memegangi kepalanya..

“Ify...” Mario sudah berdiri didepan Ify. Ify terbelalak..

“Mario...”

“Kenapa loe cari gue?” pertanyaan Mario dingin dengan wajah yang menatap lurus kedepan,
tapi bukan menatap Ify

Ify tertunduk.. “Gimana nih...”

“Kenapa Fy? Kenapa loe diem?”

“Ma...mario,, gue ...” Ify menarik nafas, berusaha menghilangkan rasa takutnya..

“Ayo ngomong...”

“Emm,,, gue pengen loe jujur tentang sebenernya... Kenapa loe lakuin ini..?”

Mario membelakangi Ify dan mulai berbicara..

“Loe perlu tau Fy, gue punya kakak yang gue sayag banget sama dia, namanya Zahram
dia meninggal saat gue SD, dia kena penyakit yang sama kaya loe...”

Mario menghela nafas, “Udah lupain itu.. Sekarang cerita soal gue, 3 tahun lalu gue
kecelakaan, dan loe pasti udah tau kan ceritanya? Gue sayang banget sama pacar
gue, dan gue nyesel kenapa gue harus pulang secepet ini, gue ga mau pacar gue
sendirian...”

Ify memperhatikan omongan-demi-omongan Mario dengan seksama..

“Waktu itu gue berfikir, gue harus selalu sama pacar gue karena gue sayang sama dia,
apapun cara bakal gue lakuin, dan terlintas pikiran gue buat bawa dia nyusul
gue yang udah beda alam ini..”

“Tapi kakak gue ngelarang dan bilang kalo gue jahat banget ngelakuin itu.. Gue bantah
dia, dan akhirnya gue ngelakuin rencana itu dengan turun ke bumi dan nemuin
loe, gue pikir loe orang yang tepat buat bantuin gue walaupun gue tau loe pasti
nolak.. Yang bikin gue seneng loe kasih respon positif ke gue...” Mario
tersenyum sedikit

“Kelakuan loe malah bikin gue lupa sama misi jahat gue itu Fy, dan gue ngerasa gue emang
bodoh ngelakuin ini, gue udah jahat sama loe dan sama pacar gue, padahal udah
ada orang yang lebih baik buat dia. Akhirnya gue nyadar, dia ga harus selalu
sama gue, udah ada orang yang ngejagain dia sekarang...”

“Dan loe Fy, gue nyesel ngelakuin ini sama loe, makanya kak Zahra bilang, gue harus
stop sama misi ini... Ify loe maafin gue kan?”

Mata Ify mulai berkaca-kaca..

“Jadi loe udah manfaatin gue buat misi loe yang...”

Mario menoleh dan menatap ify..

“Iya! Semua karena kebodohan gue, gue ga seharusnya nyelakain orang yang gue sayang
untuk ikut sama gue ke surga...”

“Tapi.. Tapi kenapa harus gue Yo?”

“Karena gue tau loe bakal deket banget sama dia, dan loe orang yang paling deket sama
dia..”

“Gue?” Ify tetep heran

Mario mengangguk sekali, “Gue nyesel banget Fy, apalagi setelah gue ketemu sama loe
dan gue ngerasain cinta buat loe...”

Ify menangis, “Mario...”

“Fy loe maafin gue kan? Semua gara-gara gue, gue udah bawa-bawa loe ke masalah
ini...”

“Jadi cewek yang pernah dateng ke mimpi gue..”

“Kak Zahra...” potong Mario

Ify makin tersentak dan semakin meneteskan air matanya..

“Ify... Loe pasti marah banget sama gue, gue jahat! Fy gue ga bisa lama-lama sama loe,
gue ga bisa buat kasih cinta gue seutuhnya...”

“Mario, gue cinta sama loe...” rintih Ify

“Maaf Fy gue harus pergi sekarang, dan mungkin gue ga bakal balik lagi...”

Tiba-tiba Ify teringat sesuatu..

“Mario!!!” panggilnya

Mario berhenti lalu berbalik..


“Siapa perempuan itu? Siapa orang yang mau loe bawa ke surga?”

Mario tersenyum dari kejauhan..

“Ify, kenalin gue...”

Ify makin heran...

“Nama gue Mario Stevano Aditya Haling...” sosok itu masih tersenyum dan lama-lama
menghilang..

Ify terpaku melihat bayangan yang hilang tadi..

“Mario Stevano Aditya Haling?” gumam Ify lalu teringat pada kejadian waktu itu, dan ia
tau sekarang siapa wanita yang dimaksud Mario..

“Mario!!!!! Sampe kapan pun gue tetep cinta sama loe!!!” teriak Ify lalu terduduk berlutut
dan masih menangis..

“Gue ga mau kehilangan loe...” ucap Ify disela-sela isak tangisnya..

Untuk beberapa menit fy menangis ditaman itu. Sekarang ia sudah tau semuanya, siapa
Mario dan hubungan dengan peristiwa akhir-akhir ini..

“Hallo Pak Chiko, jemput Ify ya..” kata Ify via telpon

“Iya non, dimana?”

“Ditaman yang waktu itu Ify kasih tau...”

“Iya iya non...” Ify lalu mematikan sambungan telpon..

Pak Chiko datang menjemput..

“Ayok non...”

Ify segera naik ke mobil dengan mata yang sembab..

“Non Ify kenapa? Nangis?”

“Emm,, aku ga papa Pak..” jawab Ify melengos

@rumah Ify

Ify segera masuk kamar dan kembali berbaring..

Tak lama kemudian, mama mengetok pintu lagi...

“Ify....”

“Masuk ma...”

“Fy itu ada temen-temen kamu dibawah...”

“Emmm.. Ma bilangin Ify udah tidur ya...”

“Loh kenapa?”

“Ify capek, Ify ga mau ketemu mereka dulu...”

“Kok kamu gitu Fy? Mereka udah dateng kok, lagian kalian sahabat kan?”

“Tapi maaf Ma, Ify ga bisa banget, plis... Ify lagi pengen sendiri...”

Mama menghela nafas... “Kamu berantem?”

“Ga ma, tapi Ify lagi pengen sendiri aja, itu doang kok...”

“Ya udah kamu istirahat aja, biar mama bilangin...” Mama lalu keluar..

Keenam sahabat Ify udah nunggu dibawah..

“Aduh maaf, si Ify udah tidur...” sesal mama Ify

“Oh tidur tante?” tanya Shilla

“Iya, kayanya dia masih pusing, maaf ya...”

“Ya udah ga papa tante, ini buat Ify...” Sivia memberikan bingkisan yang dibawanya

“Salamin buat Ify ya tante...” kata Agni lalu mereka pergi..

@kamar Ify

Ify terduduk lemas, menatap dari jendela temannya satu persatu keluar..

“Fy...” kata mama masuk

“Ini dari temen-temen kamu..Mama tinggal dulu ya..”

Ify menerima bingkisan itu, terdapat satu foto ditengahnya, foto mereka ber tujuh
ketika camping tempo hari..

Ify tersenyum dengan mata yang berkaca-kaca..

“Gue ga bisa ketemu kalian saat ini, apalagi loe Via..”

“Gue ga bisa, maafin gue...”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar